ANAK SEHAT
1.
DEFINISI
-
Anak / balita adalah
bayi yang berumur dibawah 5 tahun atau masih kecil yang perlu tempat tergantung
pada seseorang dewasa yang mempunyai kekuatan untuk manidri dengan usaha anak
balita yang tumbuh (Dongoes, Marilyn
E.2008)
-
Balita adalah seseorang
sebagai makluk sosial yang melalui pertumbuhan dan perkembangna anak (Ngastiah.2008)
2.
Pertumbuhan
dan Perkembangan Anak
-
Pertumbuhan adalah
bertambahnya ukuran dan sel serta jaringan interselular, berarti tambhnya ukuran
fisik dan struktur tubuh sebgaian atau keseluruhan sehingga dapat diukur dengan
satuan panjang dan berat
-
Perkembangan adalah
bertambahnya struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam kemapuan gerak
kasar, gerak halus, bicara dan bahasa serta sosiliasi dan kemandirian
3.
CIRI-CIRI
PRINSIP TUMBUH KEMBANG ANAK/BALITA
a. Perkembangan
menimbbulkan perubahan
Perkembangan terjadi bersamaan
dengan petumbuhan. Settiap pertumbuhan disertai dengan perubahan fungsi
b. Tumbuh
pada tahap awal untuk menetukan perkembangan selanjutnya
Setiap anak tidak akan bisa
melewati satu tahap perkembangan sebelum ia melewati tahap selanjutnya
c. Pertumbuhan
dan perkembangan mempunyai kecepatan yang berbeda
Sebagaimana pertumbuhan,
perkembangan mempunyai kecepatan yang berbeda-beda, baik dalam pertumbuhan
fisik maupun perkembangan fungsi organ dan perkembangan pada masing-masing anak
d. Perkembangan
berkolerasi dengan pertumbuhan
Pada saat pertumbuhan berlangsung
cepat, perkembangan pun demikian, terjadi peningkatan mental, memori, daya nalar,
asosiasi
e. Perkembangan
mempunyai pola yang tepat
Perkembangan terjadi lebih dahulu
didaerah kepala, kemudian menuju kearah kaudal, perkembangan terjadi lebih
dahulu di daerah proksimal alalu berkembang ke bagian distal
f. Perkembangan
memiliki tahapan yang beruntutan
Tahap perkembangan memiliki tahap
yang beruntutan
4.
Prinsip-Prinsip
Tumbuh Kembang
-
Perkembangan merupakan
hasil proses kematangan dan belajar
Kematangan merupakan proses
interaksi yang terjadi dengan sendirinya, sesuai dengan potensi yang berasal
dari latihan dan usaha. Memalui belajar akan memperoleh kemapuan menggunakan
sumber yang diwariskan dari potensi yang dimiliki anak
-
Pola perkembangan dapat
diramalkan
Terdapat persamaan pola
perkembangan bagi semua anak dengan demikian perkembangan seorang anak dapat
diramalkan. Perkembangan berlangsung dari tahapan umum ke tahapan spesifik dan
terjadi kesinambungan.
5.
FAKTOR-FAKTOR
YANG MEMPENGARUHI KUALITAS TUMBUH KEMBANG
a. Faktor
dalam yang berpengaruh pada tumbang anak
-
Ras / etik atau suku
bangsa
-
Keluarga
-
Umur
-
Jenis kelamin
-
Genetik
-
Kelaianan kromosom
b. Faktor
luar
-
Faktor parental
-
Faktor persalinan
-
Faktor pascapersalinan
6.
PERIODE
TUMBUH KEMBANG
a. Masa
prenatal
Masa ini dibagi menjadi 3 periodez;
-
Masa zigot sejak
konsepsi sampai usia kehamilan 2 minggu
-
Masa embrio : usia
kehamilan 2 minggu sampai 8/12 minggu
-
Masa janin/fetus : usia
kehamilan 9/12 minggu sampai akhir kehamilan
b. Masa
bayi umur 0-28 hari
c. Masa
neonatal umur 0-28 hari
Masa neonatal dibagi menjadi 2
yaitu:
-
Masa neonatal dini :
umur 0-7 hari
-
Masa neonatal lanjut :
umur 8 – 28 hari
d. Masa
post natal umur 29 hari – 11 bulan
e. Masa
anak dibawah lima tahun ( umur 12-59 bulan)
f. Masa
anak prasekolah (umur 60 -72 bulan)
7.
KUBUTUHAN
DASAR ANAK
Kebutuahna dasar anak untuk tumbuh
kembang yang optimal meliputi:
a. Kebutuahn
Fisik – Biologis (Asuh)
Meliputi kebutuhan sandang, pangan,
papan, seperti:
-
Nutrisi : harus
dipenuhi sejak anak didalam rahim. Ibu perlu memberikan nutrisi seimbang
melalui konsumsi makanan yang bergizi dan menu seimbang
-
Imunisasi : anak perlu
diberikan imunisasi dasar lengkap agar terhindar dari penyakit yang dapat
dicegah dari imunisasi
-
Kebersihan :meliputi
kebersihan makanan, minuman, udara, pakaian, rumah, sekolah transportasi
-
Bermain, aktifitas
fisik, tidur : anank perlu bermain, melakuakn aktifitas fisik dan tidur karena
hal in dapatt merangsang hormon pertumbuhan, nafsu makan, merangsang
metabolisme karbohidrat, merangsang pertumbuhan dan perkembangan
-
Pelayanan kesehatan :
anak perlu dipantau / diperiksa kesehatannya secara teratur
b. Kebutuhan
Kasih Sayang dan Emosi (Asih)
-
Menciptakan rasa aman
dan nyaman, annak merasa dilindungi
-
Diperhatikan minat,
keinginan dan pendapatnya
-
Diberi contoh
-
Diberi dorongan /
dimotivasi dan dihargai
-
Dididik dengan penuh
kegembiraan, melakukan koreksi dengan kegembiraan dan kasih sayang
c. Kebutuhan
Stimulasi (Asah)
Anak perlu distimulasi sejak dini
untuk mengembangkan sedini mungkin kemampuan sensorik, motorik, emosonal,
biacra, kognitif, kemandirian, kreatifitas, moral dan spiritual anak. Dasar
perlunya stimulasi dini :
-
Milyaran sel otak
dibentuksejak anak didalam kandungan usia 6 bulan danbelum ada hubungan sel-sel
otak
-
Orangtua perlu
merangsang hubungan sel-sel otak
-
Bila ada hubungan
rangsangan sel-sel otak
-
Semakin banyaak variasi
maka hubungan antara sel-sel otak semakin komplek
-
Ketrampilan bahasa,
kemandirian, kreatifitas, produktifitas
8.
Tahapan
Perkembangan Anak Menurut Umur
Umur
|
Perkembangan Anak
|
1 bulan
|
-
Tangan dan kaki bergerak aktif
-
Kepala menoleh kesamping kanan kiri
-
Bereaksi terhadap bunyi lonceng
-
Menatap wajah ibu atau pengasuh
|
2 bulan
|
-
Mengangkat kepala ketika tengkurap
-
Bersuara ooooooo........oooooo
-
Tersenyum spontan
|
3
bulan
|
-
Kepala tegak ketika didudukan
-
Memegang makanan
-
Tertawa dan berteriak
-
Memandang tangan
|
4
bulan
|
-
Tengkurap
-
Terlentang sendiri
|
5
bulan
|
-
Meraih, menggapai sesuatu yang
diberikan
-
Menoleh kesuara
-
Merah mainan
|
6
bulan
|
-
Duduk tanpa berpegangan
-
Memasukan benda ke mulut
|
7 bulan
|
-
Mengambil dengan tangan kanan ataupun
kiri
-
Bersuara ma.ma atau pa.pa
|
8 bulan
|
-
Berdiri berpegangan
|
9 bulan
|
-
Menjimpit, menmbalik tangan
|
10 bulan
|
-
Memukul mainan dengan kedua tangan
-
Bertepuk tangan
|
11 bulan
|
-
Memanggil papa dan mama
-
Menunjuk dan meminta
|
12 bulan
|
-
Berdiri tanpa berpegangan
-
Memasukan mainan ke cangkir
-
Bermain dengan orang lain
|
14 bulan
|
-
Berjalan jalan
-
Mulai berbicara satu atau dua kata
-
Gigi mulai tumbuh
-
Dapat minum menggunakan gelas
|
15 bulan
|
-
Berjalan
-
Mencoret-coret sekeliling
-
Berbicara dua kata
-
Dapat minum menggunakan gelas
|
1,5 tahun
|
-
Lari
-
Menumpuk mainan
-
Berbicara
-
Makan mengunakan sendok
-
Menyuapi boneka
|
2 tahun
|
-
Menendang bola
-
Menumpuk empat mainan
-
Menumpuk gambar
-
Melepaskan pakaian
-
Memakai pakaian
-
Menyikat gigi dengan sendirinya
|
2,5 tahun
|
-
Melompat
-
Menunjuk bagian tubuh
-
Mencuci tangan
-
Mengeringkan tangan
|
3 tahun
|
-
Menggambar garis tegak
-
Menyebut warna benda
-
Menyebut nama teman
|
3,5 tahun
|
-
Naik sepeda roda tiga
-
Menggambar lingkaran
-
Bercerita singkat
-
Menyebutkan penggunaan benda
-
Memakai baju kaos
|
4 tahun
|
-
Menggambat tanda tambah
-
Mengenakan baju tanpa bantuan
|
9.
Aspek-Aspek
Perkembangan yang Dipantau
a. Gerakan
kasar atau motorik kasar adalah aspek yang berhubungan dengan kemampuan anak
melakukan pergerakan dan sikap tubuh yang melibatkan otot-otot seperti duduk,
berdiri dan sebagainya
b. Gerakan
halus atau motorik halus adalah aspek yeng berhubungan degan kemampuan anak
melakukan gerakan yang melibatkan bagian-bagian tubuh tertentu dan dilakuakn
oleh otot-otot kecil, tetap memerlukan koordinasi yang cermat seperti mengarati
sesuatu, menjimpit, menulis dan sebagainya
c. Kemampuan
bicara dan bahasa dalah aspek yang berhubungan dengan kemapuan mandiri anak
(makan sendiri, memberskan mainan selesai bermain) berrpisah dengan ibu /
pengasuh anak, bersosialisai dan berinteraksi dengan lingkungan dan sebagainya.
POHON MASALAH
ANAK
ANAK
SAKIT ANAK SEHAT
Tumbuh kembang anak
Stimulasi
dan pemantauan tumbuh kembang di keluarga dan masyarakat
|
Deteksi
dini penyimpangan tumbuh kembang di tingkat petugas (tenaga kesehatan,
pendidik, petugas lapangan KB, masyarakat)
|
Tidak
ada penyimpangan
|
Ada
penyimpangan
|
Penyimpangan
pertumbuhan
|
Penyimpangan
perkembangan
|
Gangguan
pendengaran dan pengelihatan
|
Penyimpangan
mental Emosional
|
-
Kurus
-
Kurus sekali
-
Gemuk
-
Mikrosefal
|
Dirujuk
ke fasilitas yang lebih mampu
|
Gangguan
daya dengar
|
Intervensi
dini penyimpangan tumbang
|
Ada
perbaikan
|
Tidak
ada perbaikan
|
-
Masalah mental
emosional
-
Autis
-
Gangguan pemusatan
perhatian dan hiperaktivitas
|
-
Gangguan gerak
kasar
-
Gangguan gerak
halus
-
Gangguan bicara dan
bahasa
-
Gangguan
sosialisasi dan kemandirian
|
INTERVENSI
Dx : Anak
sehat usia......... bulan/tahun
Tujuan : Tumbuh
kembang anak dapat terpantau dengan sesuai umur anak
KH : KU
anak baik
Tumbuh kembang, test daya dengar, test daya
ingat sesuai dengan umur anak
Intervensi
1. Lakukan
komunikasi terapeutik dengan anak
R : dengan komunikasi terapeutik anak
tidak akan takut, cemas dalam tumbuh kembangnya
2. Beri
pujian kepada ibu telah mengasuh anaknya dengan baik
R : dengan memberi pujian kepada ibu,
ibu akan senang untuk melakukan kerjasama
3. Lanjutkan
pola asuh anak sesuai dengan tahap perkembangan anak
R : pola asuha anak dapaat dipantau
terus guna mengetahui tahap perkembangan anak
4. Beri
stimulasi perkembangan anak setiap saat, sesering mungkin, sesuai dengan umur
dan kesiapan anak
R : stimulasi dini terhadap perkembangan
anak memiliki manfaat yang baik dan besar
5. Ikutkan
anak pada kegiatan penimbangan dan pelayanan kesehatan di posyandu
R : dengan dilakukan penimbangan secara
rutin dapat memantau tumbuh kembang
6. Lakukan
pemeriksaan rutin menggunakan buku panduan anak
R : dengan dilakukan pemeriksaan rutin,
tumbuh kembang anak dapat terpantau dengan lancar dan baik
Masalah
A. Gangguan
bicara dan bahasa
Tujuan :
kemampuan bicara dan bahasa anak lancar
KH :
masalah teratasi
KU anak baik
Intervensi
1. Lakukan
komunikasi terapeutik dengan anak
R : dengan komunikasi terapeutik anak
akan senang dan mau dilakukan pemeriksaan
2. Anjurkan
ibu dan keluarga untuk sering mungkin dilakukan stimulasi dini pada anak
R : dilakukan stimulasi dini agar
menstimulasi perkembangan dalam bicara dan berbahasa
3. Ajak
anak untuk sering berkomunikasi
R : dengan sering diajak berbicara anak
akan cepat tanggap dengan pembicaraan yang dilakukan
B. Anak
rewel dan sulit dilakukan stimulasi
Tujuan :
anak tidak rewel dan mudah untuk dilakukan stimulasi
KH :
KU anak baik
Anak tidak rewel
Anak merespon saat ibu menstimulasi
Intervensi
1. Anjurkan
pada ibu untuk menstimulasi anak dengan bermain-main dan hal-hal yang disukai
anak namun tetap dalam pemantauan
R : dengan mestimulasi anak maka anak
akan berkembang dengan baik sesuai pertumbuhan usiannya
2. Berikan
makanan dan vitamin yang akan membantu proses perkembangan anak
R : dengan memberi makanan yang sehat
dan juga vitamin akan mendukung proses pertumbuhannya
3. Anjurkan
ibu untuk tidak memaksa anak jika anak terlalu sudah lemas atau malas, bujuk
anak dengan perlahan dan jangan bersikap keras pada anak
R : jika anak diperlakukan dengan keras maka
anak akan lebih memberontak
Kebutuhan
A. Dukungan
dari bidan pada ibu untuk menstimulasi anaknya sesuai dengan usianya
Tujuan :
tahap perkembangan anak sesuai dengan umur anak
KH :
KU anak baik
Perkembangan sesuai dengan umur anak
BB sesuai umur anak
Intervensi
1. Anjurkan
ibu menstimulasi anaknya sesuai dengan umur anak
R : stimulasi dapat membantu
perkembangan anak secara bertahap sesuai usianya
2. Ingatkan
ibu agar memberikan ASI secara exsklusif pada anaknya
R : di dalam ASI terdapat nutrisi yang dibutuhkan
anak dan lebih banyak dari pada susu formula
3. Berikan
panduan pada ibu tahap perkembangan anak dan stimulasinya
R : dengan membuka buku panduan ibu
dapat lebih mudah melakukan stimulasi pada anak
IMPLEMENTASI
Tindakan
dari intervensi sesuai kebutuhan klien
EVALUASI
Dilakukan
untuk mengetahui sejauhmana keefektifitasan asuahan kebidanan yang dilakukan
dengan mengacu pada kriteria hasil
DAFTAR PUSTAKA
Giatno, bambang.2005.Buku Pegangan Kader Posyandu.Jawa timur
: Dinas Kesehatan
Nursalam.2005.Ilmu Kesehatan Anak.Jakarta: Salemba Medika
Sri Asutik.2005.Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh
Kembang Anak Ditingkat Pelayanan Kesehatan Dasar.Jakarta:Depkes RI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar